Banyak orang Indonesia berfikir menghasilkan uang dari internet itu sulit. Padahal kenyataan sebaliknya, menghasilkan uang dari internet sangatlah mudah. Semua umur dapat melakukannya, baik muda maupun tua. Bekerja santai dari rumah adalah impian sebagian banyak orang, selain menghasilkan uang, mereka dapat berkumpul bersama keluarga, dan bisa selalu bersama anak & istri tercinta.

Memang walaupun terdengar mudah, namun banyak juga yang mengalami kegagalan dalam mencari uang di internet. Saya dulu juga begitu, pagi-siang-malam hanya depan komputer saja.

Kabar baiknya dari pengalaman itulah saya mengetahui beberapa cara mudah menghasilkan uang di internet. Saya tuliskan 12 cara menghasilkan uang dari internet, silahkan dibaca baik2 dan diterapkan :).

1. Google AdSense

Kamu pasti pernah melihat iklan Google AdSense saat mengunjungi sebuah website. Yup, iklan dari Google ini ada dimana-mana dan paling populer sejagat internet. Itulah kenapa saya bahas nomor 1 Google AdSense dulu. Orang Indonesia juga hampir 90% mencari uang melalui Google AdSense.

Saya sendiri bulan agustus kemarin mendapatkan Rp. 63 juta, yes itu penghasilan hanya kerja dari rumah.

google adsense

Untuk kamu yang tau apa itu Google AdSense, bisa membaca panduan Google AdSense untuk pemula. Kamu pasti paham, karna untuk mendapatkan akun Google AdSense, kamu bisa daftar secara gratis di https://www.google.com/intl/id_id/adsense/start, nanti kamu akan mendapatkan kode iklan yang bisa dipasang diwebsite milikmu.

2. Afiliasi Marketing

Kalau kamu pernah menemukan sebuah link yang berisi produk atau sponsor, nah itu bentuk afiliasi marketing. Enaknya walaupun kamu tidak punya website, kamu bisa mengikuti afiliasi marketing. Misalkan kamu berikan sebuah link produk ke temanmu lalu temanmu membeli produk itu melalui link yang kamu berikan, maka kamu akan mendapatkan komisi dari penjualan. Link produk bisa kamu sebarkan dimanapun, bisa di facebook ke teman2mu, ke instagram, atau memberikan langsung ke orang2 melalui WhatsApp.

Saya sendiri join afiliasi amazon sejak 2010, daftarnya pun gratis dan link produk bisa saya share di blog maupun di medsos.

afiliasi amazon

Enakkan?! Selama orang yang klik link affiliasi saya dan melakukan pembelian, maka selama itu saya dapat komisi. Untuk itu afiliasi marketing sangat saya rekomendasi.

Oiya kamu juga bisa mengikuti afiliasi dari situs lokal seperti Lazada, Traveloka, TokoPedia, dll.

3. Konsultasi

Jasa konsultasi ini sangat besar peluangnya. Kalau kamu ahli dibidang tertentu, kamu bisa membuka peluang jasa konsultasi. Jasa konsultasi bisa meliputi banyak hal seperti konsultasi keuangan, konsultasi buat rumah, konsultasi kesehatan, konsultasi kontraktor, konsultasi pernikahan dan lain-lain.

Saat ini banyak orang2 yang membutuhkan konsultasi bahkan perusahaan juga membutuhkan konsultan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

Jangan ragu untuk ambil peluang ini selagi masih terbuka lebar!.

4. Guru Online atau Belajar Online

Yup, kamu bisa membuka kelas online dan mengajar murid2 hanya dari rumah saja!. Anak2 zaman sekarang sudah mengenal gadget, mereka banyak menghabiskan waktu didepan gadget. Nah, kalau kamu punya jiwa seorang guru, kamu bisa membuka kelas online.

Guru online ini bisa meliputi apapun, bisa mengajar pelajaran formal atau non-formal. Contoh mengajari “cara mendapatkan jodoh”, “cara menjadi pengusaha sukses”. Atau pelajar formal seperti mengajari pelajaran matematika, ekonomi, dan lain-lain.

Kalau kamu memang punya skill dibidang mengajar, segera buka kelas online sekarang!.

5. Podcast

Pasti banyak yg belum familiar dengan kata istilah podcast. Podcast yaitu membuat audio lalu audio anda didengarkan audience. Jika orang tertarik dengan pembahasan materi yang kamu sampaikan, kamu bisa menerapkan banyak strategi marketing. Bisa dengan membuat podcast berbayar, dimana orang harus bayar jika ingin mendengar audio dari kamu. Atau membagikan podcast secara gratis dan kamu menyelipkan iklan marketing didalam audiomu.

Memang mirip seperti radio, namun bedanya kamu memegangn penuh hak audio dan dapat memanage pendengarmu.

6. Jual Buku Online

Dulu orang menulis lalu mengajukan ke penerbit agar buku di cetak. Banyak tulisan2 bagus yang tidak berhasil dicetak karna tidak disetujui oleh penerbit.

Sekarang kamu bisa menerbitkan bukumu dan menjualnya melalui internet. Kalau kamu berbakat menulis, sudah saatnya tulisan kamu dibaca banyak orang. Kamu bisa menjual bukumu di Google Store, Amazon, Barnes and Noble, dan lain-lain.

Jika tulisan kamu bagus dan menarik, uang akan mengalir otomatis setiap ada orang yang membeli bukumu.

7. Jualan Sendiri (Toko Online / Produk Milikmu)

Bayar sewa toko di dunia nyata tentu mahal!. Kalau kamu tidak punya modal, bisa membuat toko online dan menjual barang2 milikmu sendiri. Ada banyak orang2 yang lebih sukses jualan di toko online ketimbang toko di dunia nyata.

Kalau tidak bisa membuat website toko online, kamu bisa memesan buat toko online ke kami. Kami akan buat toko online anda Go Internasional!.

8. Penulis Online

Kamu bisa melamar untuk menjadi penulis di website orang lain. Banyak pemilik website yang membutuhkan penulis untuk update artikel situs mereka. Kamu bisa santai di rumah sambil menulis dan mendapatkan gaji tetap perbulan. Waktu luang sangat banyak, khusus untuk ibu-ibu bisa sambil menjaga anak.

Bisa juga kamu membuka jasa penulis dan promosikan di website atau di media sosial milikmu. Tentukan harga artikel per-kata, misalkan 500 kata artikel bahasa Indonesia harga Rp. 10 ribu.

Semakin bagus tulisanmu, semakin klien akan terus memakai jasa penulisan darimu.

9. Sponsor / Endorse

Nah, ini cocok bagi kamu yang mempunyai followers banyak di media sosial, baik Facebook fanspage, Instagram, Twitter, dll. Banyak banget loh tawaran sponsor / endorse jika kamu punya banyak followers. Hanya dengan posting produk mereka, kamu mendapatkan uang. Jika satu post produk saja harganya Rp. 10 juta, bayangkan jika ada 10 iklan perhari. Hmm… your dreams come true!.

Apalagi jika kamu sudah menjadi selebriti di medsos seperti Raditya Dika, Wah kebayang dong berapa uang yang dihasilkan. Bisa milyaran perbulan hanya dari media sosial!.

10. Webinar

Apakah kamu berbakat jadi motivator? berbicara depan banyak orang dan suka buat seminar? Tapi banyak yang tidak punya modal awal untuk menyewa gedung dan sewa alat2 untuk seminar.

Nah, Webinar ini adalah seminar online, dimana kamu bisa membuat seminar dari rumah!. Praktis dan mudah, hanya modal laptop saja. Kamu bisa mematok harga seminar yang kamu buat. Jika materi kamu menarik, tentu orang akan ramai2 membayar untuk mengikuti seminar online yang kamu buat.

11. YouTube

Rasa2nya kalau YouTube pasti sudah tau semua dong hehe. Karna adik saya saja yang berumur 7 tahun sudah tau YouTube!. YouTube bisa menghasilkan uang banyak jika kamu kreatif membuat video. Kategori video juga bisa beragam, mulai dari video game hingga video vlog pribadi.

Semua video di YouTube akan dibayar melalui Google AdSense. Nah, untuk daftar YouTube dan Google AdSense gratis!. Tapi jika mau dibuatkan akun Google AdSense bisa memakai jasa pembuatan akun Google AdSense di ads-usa.net.

12. Komunitas Online (Forum atau Group)

Manfaatkan aplikasi WhatsApp untuk menghasilkan uang. Buatlah group WhatsApp dan ajaklah orang2 untuk bergabung sesuai minat mereka. Contoh buat group WhatsApp gowes sepeda, orang2 yang punya hobi bersepeda pasti dengan senang hati akan join. Kamu bisa menjual barang2 yang berkaitan dengan sepeda atau langsung jual sepeda!.

Bisa juga dengan membuat forum komunitas seperti kaskus.co.id. Kamu bisa mengendalikan penuh komunitas dan menghasilkan uang dari penjualan produk atau biaya gabung forum.

Kesimpulannya…

12 cara yang saya tulis diatas 100% benar dan terbukti. Kembali lagi ke kamu, apa bakat kamu, apa hobi kamu, jika sudah tau, segera lakukan sekarang!. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini di media sosial milikmu. Salam sukses bareng.